10 Jenis Penyakit Umum Pada Peliharaan Kucing

Sebagai pemeliharaan kucing, penting untuk mengenali tanda-tanda dan gejala penyakit umum sehingga Anda dapat mencari bantuan dokter hewan untuk teman kucing Anda tepat waktu jika perlu. Baca terus untuk informasi tentang penyakit dan penderitaan medis lainnya yang sering berdampak pada kucing.

Kanker

Kanker adalah kelas penyakit di mana sel-sel tumbuh tak terkendali, menyerang jaringan di sekitarnya dan menyebar ke area lain dari tubuh. Bagaimana orang bisa mendapatkan berbagai jenis kucing kanker. Penyakit ini bisa (terbatas ke daerah, misalnya, tumor) secara lokal atau sistemik (didistribusikan ke seluruh tubuh).

Diabetes

Diabetes pada kucing adalah penyakit kompleks yang disebabkan oleh kekurangan insulin atau respon insulin tidak memadai. Setelah kucing, sistem pencernaan, makanan menjadi komponen-komponen yang berbeda istirahat untuk makan, termasuk glukosa – yang ditempatkan di selnya oleh insulin. Biasanya, ketika kucing tidak memproduksi atau tidak menggunakan insulin reguler, peningkatan kadar gula darah. Hasilnya adalah hiperglikemia, yang jika mereka tidak diobati, dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan rumit untuk kucing.

Feline Immunodeficiency Virus (FIV)

Kucing yang terinfeksi dengan kucing immunodeficiency virus (FIV) tidak menunjukkan gejala selama beberapa tahun setelah infeksi awal terjadi. Meskipun virus ini lambat, sistem kekebalan tubuh kucing sangat lemah sehingga serangan penyakit. Hal ini membuat rentan kucing untuk berbagai infeksi sekunder. kucing yang terinfeksi akan menerima dukungan perawatan medis dan stres di lingkungan indoor disimpan relatif mudah dapat hidup selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun sebelum penyakit tersebut mencapai tahap kronis.

Feline Leukemia Virus (FelV)

Pertama kali ditemukan pada 1960-an, virus leukemia kucing adalah retrovirus RNA yang dapat ditularkan yang dapat sangat menghambat sistem kekebalan kucing. Ini adalah salah satu penyebab penyakit dan kematian yang paling sering didiagnosis pada kucing rumahan. Karena virus tidak selalu menunjukkan gejala, kucing baru yang memasuki rumah tangga – dan kucing yang sakit – harus diuji FeLV.

Cacing hati

Disebarkan oleh nyamuk yang terinfeksi, penyakit jantung semakin diakui sebagai penyebab masalah kesehatan pada kucing rumahan. Kucing adalah tuan rumah yang tidak biasa untuk cacing hati. Terlepas dari namanya, heartworm terutama menyebabkan penyakit paru-paru pada kucing, dan mereka menggerogoti organ dalam kucing yang membuatnya secara tidak sadar semakin lemah hari demi hari. Ini bagaikan seperti game slotĀ  pada betberry yang menggerogoti kantong anda jika tidak ditangani dengan serius, kemungkinan yang akan terjadi anda menjadi depresi dan yang harus pemain lakukan adalah menajamkan keterampilan bermain anda.

Sindrom Bertingkat Tinggi

Banyak orang tua hewan peliharaan dengan bersemangat membuka jendela mereka untuk menikmati cuaca selama bulan-bulan musim panas. Sayangnya, jendela yang tidak disaring menimbulkan bahaya nyata bagi kucing, yang sering terjerumus ke dalamnya sehingga profesi dokter hewan memiliki nama untuk keluhan tersebut – High-Rise Syndrome. Jatuh dapat menyebabkan rahang yang hancur, lengkungan yang tertusuk, anggota badan yang patah dan panggul – dan bahkan kematian.

Rabies

Rabies adalah penyakit virus yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang semua mamalia, termasuk kucing, anjing, dan manusia. Penyakit yang dapat dicegah ini telah dilaporkan di setiap negara bagian kecuali Hawaii. Ada alasan bagus mengapa kata “rabies” membangkitkan rasa takut pada orang – begitu gejala muncul, rabies mendekati 100% fatal.

Kurap

Meskipun namanya menunjukkan sebaliknya, kurap tidak disebabkan oleh cacing sama sekali – tetapi jamur yang dapat menginfeksi kulit, rambut dan kuku. Tidak jarang pada kucing, penyakit yang sangat menular ini dapat menyebabkan daerah rambut rontok yang tidak rata dan melingkar dengan cincin merah sentral. Juga dikenal sebagai dermatofitosis, kurap sering menyebar ke hewan peliharaan lain di rumah tangga – dan juga ke manusia.

Infeksi Saluran Pernafasan Atas

Saluran pernapasan atas kucing – daerah hidung, tenggorokan, dan sinus – rentan terhadap infeksi yang disebabkan oleh berbagai virus dan bakteri.

Cacing

Kucing dapat memperoleh berbagai parasit usus, termasuk beberapa yang biasa disebut “cacing.” Infestasi cacing usus dapat menyebabkan berbagai gejala. Kadang-kadang kucing menunjukkan sedikit atau tidak ada tanda-tanda infeksi, dan serangan dapat tidak terdeteksi meskipun berpotensi masalah kesehatan yang serius. Beberapa cacing parasit kucing juga berbahaya bagi kesehatan manusia.

Itulah 10 jenis penyakit umum pada pemeliharaan kucing, pentingnya mengetahuinya untuk mencegah kematian atau komplikasi pada kucing.